Senin, 08 Juni 2009

MENGENAL HIKMAH

MENGENAL HIKMAH

Oleh Anha

Kata ini sering kita dengar. Namun apakah kita mengerti arti dan maknanya ?.

Hikmah adalah sesuatu yang berkonotasi baik. Anggapan itu tidaklah terlalu berlebihan, sebab hikmah adalah sesuatu yang menuntun orang untuk berubah arah ke yang lebih baik.

Rosulullah Muhammad SAW, mengidentikan hikmah dengan barang berharga yang bernilai tinggi. Sabdanya, : Hikmah adalah harta milik kaum muslimin. Dimanapun kalian temui, boleh kalian memungutnya.”

Lantas, dimana kiranya kita bisa mendapatklan hikmah / harta yang berharga itu ? Jawabannya. Dimana - mana. Sebab hikmah berceceran di sekitar hidup kita. Ia ada ada pada diri kita, keluarga, teman, dan lingkungan kita. Semuanya berpotensi memiliki nilai harta yang berharga itu.Apakah mudah mendapatkannya ? Inilah inti persoalan kita. Ternyata, tidak semua orang bisa mendapatkan sesuatu yang bisa mengubah pola berfikir dan bertindak kita secara positif. Bahkan ada juga diantara kita yang acuh tak acuh, sehingga enggan untuk mengambil mutiara berharga itu. Padahal, ia sudah ada di depan mata. Satu ayunan saja, mutiara hidup itu kita dapatkan. Sekali lagi, kita menyia-nyiakannya.

Maka beruntunglah orang orang yang mampu meraih harta bernilai tinggi itu . Bahagialah mereka yang memperolehnya. Mereka dapat mengarungi hidup ini dengan lebih baik lagi dari hari sebelumnya sebagaimana Sabda Rosul “ Yaumuhu khoiran min amsihi fahua roohih” Hari ini lebih baik dari hari kemarin, hari esoh lebih baik dari hari ini. Siapa mereka ? mereka adalah para ulama dengan keshalihannya. Mereka adalah para syuhada dengan pedangnya ( ruhul jihadnya ). Mereka adalah ilmuwan dengan penanya. Mereka juga adalah para birokrat, umaro dengan kebijaksanaan yang dikeluarkannya. Mereka bisa juga orang biasa yang melakukan pekerjaan luar biasa untuk kepentingan hidup diri, anak dan keluarganya.

Mereka semua dapat meraih hikmah mutiara hidup yang tinggi, karena mereka memiliki ilmu. Tentu saja sesuai dengan keahlian dan bidang masing masing. Disinilah arti penting ilmu bagi setiap orang. Dengan ilmu seseorang mampu meraih hikmah sang harta berharga yang dijanjikan Rosulullah SAW dalam hadits tersebut.

Firman Allah : Waman yu’tal hikmata faqod uutiya khoiron kastiiraa” Artinya: barang siapa yang diberikan hikmah oleh Allah maka ia akan mendapatkan kebaikan yang banyak.

Semoga kita termasuk di dalamnya. Aamiin

Buku Sumber, majalah sabili.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar